Bosan dengan Konsep Training Konvensional, HMI Komisariat Iqbal Gelar Basic Training Camp

 



Rembang – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Iqbal Walisongo mengadakan kegiatan Basic Training Camp selama tiga hari mulai 11 Agustus hingga 13 Agustus 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Planet Nufo ini bertujuan untuk mengenalkan dan membentuk para mahasiswa menjadi kader HMI yang cerdas secara intelektual dan finansial serta sadar akan fungsi dan perannya dalam organisasi.

Konsep yang dibawa pada training kali ini berbeda dengan training-training HMI pada umumnya. Pada training kali ini, HMI Komisariat Iqbal membawa konsep yang bertemakan kewirausahaan dan alam. Konsep tersebut diangkat sebagai bentuk jawaban atas perkembangan zaman. Sebab, untuk mempersiapkan masa depan, mahasiswa tidak cukup apabila hanya dibekali ilmu, mereka juga harus dibekali softskill sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan pasca kuliah.   

“Di masa yang akan datang, ilmu dari bangku kuliah saja tidak cukup digunakan sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan pasca kuliah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, HMI Komisariat Iqbal ingin sekali mengadakan Basic Training Camp sebagai bentuk jawaban dari persoalan tersebut. Yang nantinya, di Basic Training Camp ini, para peserta akan diajarkan soal softskill dan kelas kewirausahaan,” Ujar Ketua Umum HMI Komisariat Iqbal Nabil Muallif di awal sambutannya. 

Basic Training Camp yang diselenggarakan oleh HMI Komisariat Iqbal ini juga membawa tema tentang alam. Nabil menilai bahwa training-training HMI pada umumnya terkesan sangat kuno dan monoton. Maka dari itu, dipilihlah konsep alam sebagai terobosan baru. Sebab, konsep training pada umumnya hanya sebatas diadakan di dalam gedung saja yang membuat para peserta merasa bosan dengan konsep lama tersebut.

“Tidak hanya kewirausahaan, Basic Training Camp kali ini juga membawa konsep tentang alam. Konsep alam dipilih karena konsep training-training HMI pada umumnya dirasa sangat monoton, sehingga menyebabkan para peserta bosan dan akhirnya tidak tertarik pada HMI. Dengan adanya Basic Training Camp ini, kami harap menjadi angin segar buat training-training HMI pada umumnya, bahwa training itu tidak melulu di dalam gedung, tetapi juga bisa di alam dan dibawa dengan cara yang mengasyikkan, tidak monoton,” tambah Nabil.

Pada Basic Training Camp kali ini, HMI Komisariat Iqbal menjadikan Sekolah Alam Planet Nufo Rembang sebagai tempat trainingnya. Sekolah Alam Planet Nufo dipilih karena dirasa tempat tersebut sangat tepat untuk diadakannya training ini. Selain menyuguhkan alam yang masih asri, di Planet Nufo juga terdapat peternakan domba dan kambing, budidaya jamur janggel, budidaya ayam hias, dan budidaya maggot yang bisa dijadikan sebagai fasilitas bagi para peserta Basic Training Camp untuk mengasah skillnya dalam berwirausaha.


“Kenapa Planet Nufo yang kami pilih sebagai tempat training? karena kami rasa tempat ini adalah satu-satunya tempat di Jawa Tengah yang di dalamnya ada suguhan alam yang asri sekaligus fasilitas yang memadai bagi para peserta untuk mengasah skill mereka dalam berwirausaha. Di sini ada peternakan kambing, budidaya maggot, jamur janggel, ayam hias yang bisa teman-teman semua manfaatkan sebagai tempat belajar berwirausaha,” pungkas Nabil.

*MN

Posting Komentar

0 Komentar